Tips Mendapatkan Investor Sepatu

Tips Mendapatkan Investor Sepatu

 

Jika Anda memiliki modal terbatas untuk bisnis sepatu Anda, tidak perlu panik; yang perlu Anda lakukan kali ini adalah mencari investor yang tepat. Jika Anda ingin mendapatkan investor untuk bisnis sepatu Anda, ulasan berikut akan membantu Anda dalam tips mendapatkan investor sepatu.

 

Membuat Rencana Bisnis/Business Plan

 

Membuat rencana bisnis, atau rencana bisnis, adalah hal yang paling penting sebelum memulai sebuah bisnis. Ini adalah beberapa tips untuk mendapatkan investor sepatu. Ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan saat membuat rencana bisnis, seperti:

 

  1. Konsep Bisnis

Jika Anda ingin mendapatkan investor untuk bisnis sepatu Anda, hal pertama yang harus Anda ingat adalah konsep bisnis. Produk dan target pasar yang ingin Anda bidik terdiri dari konsep bisnis ini sendiri. Khususnya bagi bisnis sepatu, sangat penting untuk memahami apakah sepatu yang dibuat benar-benar memenuhi target pasar.

Oleh karena itu, tidak ada salahnya untuk melakukan survei sebelumnya, seperti mencari tahu tentang koleksi sepatu yang sedang tren atau yang biasa digunakan. Selain itu, tidak ada salahnya jika Anda juga melakukan survei tentang koleksi sepatu yang paling disukai dan diinginkan oleh target pasar Anda.

 

  1. Kebutuhan Finansial

Kebutuhan Finansial adalah hal lain yang penting untuk dipertimbangkan saat membuat rencana bisnis. Untuk tujuan ini, Anda tidak hanya perlu membuat RAB atau Rencana Anggaran Belanja sebagai modal awal; Anda juga perlu merencanakan finansial yang dibutuhkan untuk jangka waktu yang lebih lama.

 

Ini dilakukan untuk memberikan informasi kepada pihak investor tentang jumlah uang yang diperlukan untuk bisnis Anda. Informan ini juga akan memberitahu pihak investor bagaimana uang yang akan diberikan akan digunakan. Untuk membayar karyawan, membeli peralatan produksi, atau memenuhi kebutuhan lainnya, misalnya.

 

  1. Tujuan Bisnis/Goals

Selain itu, Anda harus memberikan informasi tentang kapan bisnis sepatu Anda membutuhkan investasi, serta keuntungan yang didapat investor selain keuntungan finansial. Mungkin terlihat sepele, tetapi investor itu sendiri akan benar-benar memperhatikan hal ini. Melakukan investasi ini terbilang cukup beresiko karena tingkat kerugian yang akan didapat cukup tinggi dan kemungkinan besar Anda tidak akan memiliki kemampuan untuk mengurangi kerugian atau cut loss.

 

Jalanan Usaha

 

Tidak dapat dipungkiri bahwa banyak investor lebih tertarik untuk melihat bisnis yang sudah berhasil daripada yang hanya ditulis di atas kertas. Jadi, jika Anda memiliki modal terbatas, Anda bisa memulai bisnis dengan beberapa cara, seperti menjadi reseller atau dropshipper sepatu. Selain berfungsi sebagai cara untuk memperoleh modal yang cukup, metode ini juga dapat membantu Anda berkenalan dengan pihak industri sepatu dan membangun jaringan dalam bisnis Anda sendiri.

 

Jika hal tersebut berjalan dengan baik, Anda dapat mulai membuat CV secara bertahap. Untuk membuat CV, tidak ada modal yang diperlukan serta tidak ada syarat sebanyak PT.

 

Selain itu, salah satu cara yang menarik untuk mendapatkan investor dalam bisnis sepatu adalah dengan memiliki bukti bahwa Anda sudah memiliki sebuah perusahaan, setidaknya CV. CV ini akan memberikan bukti kuat bahwa Anda benar-benar serius menjalani bisnis sepatu.

 

Networking

 

Membangun jaringan atau networking adalah cara lain yang sangat penting untuk mendapatkan investor dalam bisnis sepatu. Dalam situasi seperti ini, Anda harus menjalin hubungan baik dengan sesama pebisnis sepatu dan bahkan calon konsumen atau investor yang potensial.  Beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum membangun jenis networking ini, antara lain:

 

  1. Personal Branding

Karena investor investasi pada perusahaan selain pada pemiliknya sendiri, bisnis yang menggunakan personal branding ini lebih kuat dan dipercaya oleh konsumen dan investor.

 

  1. Membangun Jaringan Pertemanan

Selain itu, Anda harus membangun jaringan pertemanan yang luas. Seperti yang dijelaskan di atas, tidak hanya dengan teman sesama pebisnis sepatu, tetapi juga dengan konsumen, antara lain. Tidak ada yang tahu siapa yang akan menjadi investor yang Anda cari di masa depan.

 

Semoga ulasan kali ini bermanfaat bagi Anda, terutama bagi Anda yang sedang mencari investor untuk memulai bisnis sepatu. Demikianlah tips mendapatkan investor sepatu yang perlu Anda perhatikan.











Comments

Popular posts from this blog

Langkah Mudah Mendirikan Perusahaan Broker Properti (siup4)

KETAHUI LARANGAN DALAM AL QUR’AN BAGI SEMUA ORANG

Arti Di Balik 25 Logo Terbaik Dan Terkenal Yang Unik